Senin, 21 Juli 2014

BAG.2: PJJ PAEL Online 2013 - Pengantar Epidemiologi

Pengantar epidemiologi dibagi menjadi :

1. Konsep Dasar Epidemiologi
Tugas 2.1 :
Saudara diminta mencari  data penyakit diare yang tejadi di wilayah kerja Saudara pada tahun 2013. Perhatikan data tersebut dan cermati besarnya masalah tersebut apakah termasuk epidemik, endemik, pandemik, common source, atau propagated source. Berikan penjelasan tentang faktor penyebabnya!
Langkah langkah mengerjakan:
Kumpulkan data Diare selama tahun 2012 yang bersumber dari Puskesmas atau sarana kesehatan lainnya
Buatlah grafik garis berdasarkan mingguan (lihat kalender mingguan epidemiologi)!.
Lakukan analisis apakah termasuk epidemik, endemik, pandemik, common source, atau propagated source!.
Lakukan analisis faktor apa yang kemungkinan menyebabkan diare!.

DISKUSI :
Seorang  epidemiologi  lingkungan menyatakan bahwa penyakit diare di Indonesia termasuk endemis, dan faktor utama yang berpengaruh adalah lingkungan sedangkan faktor lain dianggap tidak penting atau tidak ada pengaruhnya. Bagaimana tanggapan saudara sebagai seorang epidemiolog  tentang pernyataan tersebut?

2. Riwayat Alamiah Suatu Penyakit pada Manusia
unduh riwayat alamiah penyakit
Tugas 2.2:
Berdasarkan data penyakit diare tahun 2012 yang telah saudara miliki (sesuai dengan tugas dari materi konsep dasar epidemiologi) pada materi ini saudara diminta menjelaskan tentang Riwayat alamiah penyakit diare dan fase pencegahannya secara rinci.

Langkah-langkah  mengerjakan:
Perhatikan data penyakit diare tersebut dan aplikasikan dalam bagan riwayat alamiah penyakit!
Jelaskan secara singkat dan jelas!

DISKUSI:
Setiap orang yang sehat apabila digigit nyamuk Aedes aegypti dipastikan yang bersangkutan akan mengalami sakit demam berdarah. Bagaimana tanggapan saudara (berdasarkan teori  tentang perkembangan penyakit menular)?

3. Variabel Epidemiologi
Tugas 2.3 :
Berdasarkan data penyakit diare tahun 2013 yang telah saudara miliki (sesuai dengan tugas dari materi konsep dasar epidemiologi) pada materi ini saudara diminta melakukan identifikasi penyakit berdasarkan variable epidemiologi.

Langkah-langkah mengerjakan :
Buat  tabel distribusi penyakit diare berdasarkan Orang ( jenis kelamin, golongan umur, pekerjaan)!
Buat tabel distribusi penyakit diare berdasarkan waktu (bulan)!
Buat tabel distribusi penyakit diare berdasarkan tempat (kelurahan atau desa atau kecamatan atau kab/kota)!
Masing-masing tabel lakukan analisis secara sederhana.

DISKUSI:
Seorang klinisi menyatakan bahwa dalam melakukan analisis secara epidemiologi  cukup dengan variabel orang (umur, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, pola hidup, dll) kita sudah sangat banyak memperoleh informasi tentang masalah kesehatan masyarakat. Bagaimana tanggapan saudara terhadap pernyataan tersebut  (berdasarkan teori tentang variable epidemiologi)?

4. Ukuran-ukuran Epidemiologi
Tugas 2.4 :
Pada laporan penemuan suspek penyakit TB di puskesmas "A", ditemukan 12 penderita BTA positif diantara 100 orang yang dicurigai menderita penyakit TB.
Ukuran epidemiologi apa yang saudara  gunakan pada kasus tersebut ?
Bagaimana cara perhitungannya ?

DISKUSI:
Untuk menjawab pertanyaan diatas, ada peserta menggunakan incidence rate (IR). Bagaimana tanggapan saudara ? Jelaskan dengan singkat!.

5. Langkah-langkah Pembuatan Tabel dan Grafik secara Epidemiologi
Tugas 2.5 :
Pada bulan Januari s/d February tahun 2013, diperoleh data kejadian penyakit DBD dan Malaria di Kabupaten "A" dengan frekwensi sebagai berikut,  Minggu I s/d minggu IV bulan januari , 127 orang, 145 org, 155, dan 134 sedangkan pada bulan February mg I s/d mg IV , 130, 148, 127, 143 untuk penyakit DBD, sedangkan untuk kasus malaria, 78, 83, 92, 88 pada bulan januari dan 87, 79, 93, 83 pada bulan February 2013.
Gambarkan table atau grafik yang dapat mempresentasikan kedua kasus tersebut dengan tujuan untuk membandingkan besaran dan melihat trend!

Ayo kita lihat Bag.3, yuuk!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar